Sabtu, 26 Januari 2013

Asupan Gizi Untuk Pria dan Wanita ( Male and Female Nutrition)

Asupan Gizi Untuk Pria dan Wanita ( Male and Female Nutrition)

Asupan Gizi Untuk Pria dan Wanita ( Male and Female Nutrition) - Pada kenyataannya wanita dan pria membutuhkan asupan gizi yang sama namun dalam jumlah yang berbeda. Perbedaan ini disebabkan oleh aktivitas, fisiologi, dan komposisi tubuh yang berbeda antara wanita dan pria.

Sebenarnya, seperti apa persamaan dan perbedaan asupan gizi pada wanita dan pria ?




Wanita membutuhkan asupan kalsium lebih banyak daripada pria, terutama untuk menjaga kesehatan tulangnya saat memasuki masa menopause, karena kadar estrogen yang berkurang drastis. Konsumsi kalsium yang cukup -orang dewasa (umum) perlu 800mg kalsium/hari- juga penting untuk melindungi mereka dari osteoporosis. Sementara ibu hamil memerlukan kalsium 950mg/hari dan ibu menyusui perlu asupan kalsium 950mg/hari.

Secara alamiah , ukuran tubuh pria "dirancang" untuk menjadi lebih besar dibanding wanita. Karenanya, pria membutuhkan lebih banyak kalori. Setiap wanita Asia dewasa butuh kurang lebih 1.500 - 2.200 kalori/hari. Sedangkan pria Asia membutuhkan kalori sekitar 1.800 - 2.500 / hari. Kebutuhan kalori pria lebih tinggi karena ukuran tubuhnya lebih besar, jumlah tulang dan ototnya lebih banyak, badannya lebih berat dan aktivitasnya rata-rata lebih banyak. Namun pada wanita hamil kebutuhan kalorinya meningkat menjadi 2.160 kkal / hari dan saat menyusui menjadi 2.425 kkal/hari.

--> Wanita lebih beresiko terkena anemia (kekurangan darah). Berbeda dengan pria, wanita mengalami menstruasi sehingga dengan pengeluaran darah yang rutin itu muncul ancaman kekurangan sel darah merah. Untuk mencegah terjadinya anemia, wanita harus mencukupi asupan zat gizi, khususnya zat besi dan protein. Asupan zat besi penting bagi pembentukan sel darah merah. Jumlah yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 26mg zat besi / hari. Sementara ibu hamil memerlukan 33mg zat besi / hari, dan ibu menyusui 32mg zat besi / hari. Semua sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar