Kamis, 10 Januari 2013

Cara Sel Punca Menyembuhkan

Cara Sel Punca Menyembuhkan


Sel punca merupakan sel yang memiliki kemampuan membelah dengan cepat dan belum memiliki fungsi khusus. Sel ini dengan teknik tertentu dapat disisipkan ke dalam jaringan atau organ yang bermasalah untuk dapat "meniru" fungsi dari sel-sel di jaringan atau organ tadi, sehingga organ dapat menjalankan fungsinya dengan normal kembali.
Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang dapat diobati dengan sel punca dan mekanismenya:
1. Diabetes
Penyakit diabetes yang disebabkan gagalnya pankreas memproduksi insulin dapat diobati dengan sel punca. Penyisipan sel punca di "pulau Langerhans" yang ada di pankreas akan meregenerasi sel-sel pankreas sehingga dapat kembali memproduksi insulin.
2. Penyakit liver
Biasanya, penyisipan sel punca untuk penyakit ini memerlukan jumlah yang banyak. Sel punca akan berdiferensiasi menjadi pembuluh-pembuluh darah baru yang dapat memperbaiki fungsi hati.

3. Penyakit sistem saraf
Sel punca akan berperan dalam memperbaharui sel-sel saraf, sehingga lebih baik dalam menghantarkan impuls. Perbaikan ini mengobati penyakit-penyakit saraf seperti Parkinson.
4. Penyakit autoimun
Sel punca akan menekan reproduksi dari sel T dan sel B sehingga akan menormalkan kerja sistem kekebalan tubuh.
5. Penyakit ginjal
Sel punca akan berdiferensiasi menjadi sel-sel ginjal. Sel-sel ginjal yang telah lama dan tidak berfungsi lagi akan tergantikan oleh sel-sel baru ini sehingga fungsi ginjal normal kembali.
7. Penyakit jantung
Sel-sel otot jantung yang sudah melemah fungsinya akan digantikan oleh sel punca. Sel punca juga akan menciptakan pembuluh darah baru sehingga aliran darah dari dan ke jantung kembali normal.
Nah, lalu dari mana sel punca yang begitu "ajaib" ini berasal? Sel punca dapat diambil dari sumsum tulang, jaringan tali pusar, jaringan lemak, dan beberapa organ lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar