Jumat, 11 Januari 2013

Kaki Bengkak dan Merah Setelah Imunisasi Berlebihan

Kaki Bengkak dan Merah Setelah Imunisasi Berlebihan


Pertanyaan Konsultasi
Dear Dokter,
Saya minta tolong pencerahan mengenai dampak berlebihnya imunisasi pada anak dibawah usia 2tahun.Kejadian ini terjadi pada anak saya yg sekarang usianya 1tahun 10 bulan, yang tidak sengaja diberikan vaksin DPT polio lebih dari yg dijadwalkan.
Jadi seharusnya pada usia 18bulan sudah stop untuk imunisasi DPT dan polio, karena imunisasinya sudah lengkap. Namun ketika datang ke dokter dan dokter tersebut mengecek ulang, katanya anak saya belom melaksanakan imunisasi DPT polio yang ke 4. Sehingga alhasil anak saya imunisasinya lebih sekali untuk DPT polio yang padahal harusnya dilaksanakan nanti saat usia anak saya 5tahun.
Hal itu baru disadari ketika 2 hari setelah penyuntikan/imunisasi, langsung saya bawa ke dokter kembali karena keadaan kaki anak saya bengkak dan merah. Saya ingin tau, apa dampaknya yang bisa terjadi karena imunisasi yg harusnya 5x nya tersebut dilakukan saat usia 5tahun tetapi ini sudah dilakukan saat usia 1tahun 10bulan? saya sangat membutuhkan segera, sehingga bisa menindak lanjutkan tindakan yang tepat untuk keselamatan dan kesehatan anak saya.
Jawaban Konsultasi
Salam Sehat,
Sebelumnya kami luruskan terlebih dahulu mengenai imunisasi  yang apabila dilakukan lebih dari 4 X pada kondisi normal seharusnya tidak akan memberikan pengaruh yang membahayakan. Jadi ibu tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.
Pada kasus anak ibu dimana kaki terdapat merah dan bengkak  pada daerah injeksi biasanya merupakan efek samping yang dapat terjadi. Umumnya hal ini tidak terjadi karena imunisasi yang berlebihan. Bengkak dan merah tersebut sebenarnya juga dapat terjadi  pada imunisasi pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar