Kamis, 17 Januari 2013

Mitos-mitos Bayi Baru Lahir



mitos bayiBayi baru lahir masih sasgant rentan terhadap kondisi di luar, oleh karena itu di perlukan perawatan bayi yang baik dan benar. Dalam melakukan perawatan bayi diperlukan pengetahuan yang benar oleh ke dua orang tua, jangan sampai terjebak oleh mitos-mitos yang beredar. Memang, tidak semua mitos salah adanya, beruntung jika anda melakukan mitos yang sesuai faktanya memang benar, bagaimana jika anda melakukan perawatan sesuai mitos dan ternyata secara faktanya bawah mitos itu salah? tentunya akan tidak berguna atau malah berbahaya bagi bayi yang baru lahir.
Berikut adalah beberapa mitos yang berkembang di masayarakat dan ternyata faktanya adalah salah:
Untuk Mencegah Bodong, maka tempelkanlah uang logam di pusar bayi

Mitos ini cukup berbahaya jika dilakukan, karena dengan menempelkan uang logam pada pusar di khawatirkan bayi akan terkena infeksi. Pusar bayi haruslah senantiasa bersih dan kering, jangan sampai benda yang kotor menempel pada pusar bayi, termasuk tentunya uang yang secara kasat mata kelihatan bersih, namun sebetulnya kotor.
Tarik-tariklah hidung bayi jika ingin mancung
Bukan karena di tarik-tarik hidung bayi bisa menjadi mancung, melainkan karena faktor genetik.
Terlalu lama di gendong membuat bayi manja
Justeru sebaliknya. Menggendong bayi dengan benar meskipun lama tidak akan membuat bayi manja, malah akan membuat ikatan batin antara ibu dan bayi semakin kuat. Respon cepat ibu dengan menggendong bayi ketika bayi menangis akan membuat bayi cepat tenang dan menghindarkan bayi dari stress.
Memberi makanan padat kepada bayi sebelum usia 6 bulan akan membuat bayi tidur lebih lama dan tahan lapar di malam hari.
Mitos ini sangat salah. Karena dengan memberikan makanan padat sebelum bayi berusia 6 bulan akan mengganggu pencernaan bayi. ASI adalah makanan bayi terbaiknya, tidak perlu di perdebatkan dan tidak perlu di khawatirkan mengenai hal itu. Jadi, jangan dulu memberi makanan padat sebelum bayi berusia 6 bulan.
Jidat lebar manandakan bayi pintar
Hal ini tidak ada hubungannya sama sekali. Kepintaran bukan di lihat berdasarkan lebar kecilnya jidat, tapi karena faktor genetis ke dua orang tuanya, kemudia stimulasi dan nutrisi yang di berikan kepada bayi.
Bayi Menangis baik untuk perkembangan paru-paru, maka biarkanlah dulu.
Responlah dengan cepat ketika bayi menangis. Komunikasi yang bisa bayi lakukan hanyalah menangis. Dengan menangisnya bayi memberikan berbagai tanda bagi orang tua, apakah bayi lapar, bayi sakit, merasakan adanya gangguan atau hal lainnya. Maka responlah dengan cepat ketika bayi menangis. Selain itu respon cepat anda, akan membuat bayi mudah tenang.
Berikan Pisang jika bayi terus menangis
Sekali lagi, makanan bayi sebelum 6 bulan hanyalah ASI ekslusif. Memberikanan makanan padat sebelum waktunya hanya akan membuat bayi terganggu pencernaannya. Jika anda telah memberikan respon cepat, misal dengan menggendong dan memberinya ASI namun bayi masih menangis, berarti ada hal lain yang menganggunya. Jika anda tidak menemukan penyebabnya, anda bisa periksakan bayi anda ke dokter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar