Kamis, 17 Januari 2013

Penyebab Hamil Kembar

Kehamilan kembar banyak disukai para wanita, tapi bagaimanakah penyebab wanita hamil kembar bisa terjadi. Kelahiran kembar dapat terjadi karena beberapa faktor alami. Tetapi akhir-akhir ini perawatan kesuburan tampaknya dapat juga menjadi penyebab kelahiran kembar.

Untuk kehamilan kembar identik yang terjadi adalah satu sel dibuahi dan kemudian terbagi menjadi dua atau lebih embrio.

Ciri khas dari anak-anak yang lahir kembar identik adalah selalu berjenis kelamin sama dan juga memiliki perawakan yang sama. Pada kondisi ini, memiliki kantung ketuban yang berbeda tetapi embrio memiliki satu plasenta.

Sedangkan untuk kehamilan kembar fraternal, dua atau lebih sel telur bisa dibuahi dan ditanamkan dalam rahim. Bayi-bayi yang lahir dengan kehamilan tersebut memiliki jenis kelamin yang berbeda tergantung pada sperma yang membuahi sel telur.

Kehamilan kembar fraternal ini memiliki plasenta dan kantung ketuban yang terpisah untuk masing-masing embrio.

Berikut faktor-faktor alami yang menyebabkan ibu hamil anak kembar seperti dilansir dari onlymyhealth,  antara lain :

1. Faktor genetik disposisi terhadap bayi ganda

2. Faktor usia wanita hamil yang lebih dari 30 tahun lebih cenderung memiliki kehamilan ganda

3. Seorang wanita yang pernah mengalami kehamilan ganda, lebih mungkin untuk memiliki kehamilan ganda lainnya

4. Kehamilan kembar lebih sering terjadi pada beberapa ras. Wanita Afrika-Amerika yang paling mungkin untuk memiliki anak kembar, sementara orang Asia dan penduduk asli Amerika memiliki kemungkinan yang lebih sedikit

5. Perawatan terhadap kesuburan. Perawatan kesuburan agar bisa hamil dapat menyebabkan lonjakan produksi telur pada wanita selama siklus ovulasinya.

Karena terlalu riskan untuk menempatkan hanya satu embrio dalam rahim, perawatan kesuburan biasanya menempatkan embrio 5, 6 atau lebih. Jadi jika semua atau lebih dari satu embrio berkembang, maka akan menjadi kelahiran ganda.

Hal ini juga terjadi karena kecenderungan dari kebanyakan wanita menunda kehamilan dan menyebabkan wanita perlu mendapatkan perawatan kesuburan. Perawatan kesuburan ini memungkinkan ibu memiliki kelahiran kembar.
.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar