Senin, 21 Januari 2013

PERTOLONGAN PERTAMA PADA LUKA MEMAR



 
 
 
 
 
 
 
MENGENAL LUKA MEMAR
Luka memar merupakan jenis luka yang sering dijumpai dan dialami seseorang. Dalam kehidupan disaat melakukan aktifitas sehari-hari atau berolahraga adakalanya kita mengalami kecelakan seperti terbentur, jatuh, terpeleset, terkena tendangan atau terkena pukulan. Kondisi tersebut akan menyebabkan pembuluh darah di bawah permukaan kulit pecah kemudian darah masuk ke dalam jaringan sekitarnya sehingga menimbulkan luka memar.
Luka memar (Contusion Wound) atau dikenal dalam istilah kedokterannya  hematoma terjadi akibat benturan oleh suatu tekanan dan dikarakteristikkan oleh cedera pada jaringan lunak, perdarahan dan bengkak. Hematoma merupakan bekuan darah. Seringkali darah pada luka secara bertahap di serap (absorbsi) oleh tubuh masuk kedalam sirkulasi. Namun jika terdapat bekuan darah yang besar hal tersebut memerlukan waktu untuk dapat di serap tubuh, sehingga menghambat proses penyembuhan luka.
Luka memar ditandai dengan daerah yang terkena akan terasa sakit, kulit kemerahan dan berubah warna menjadi biru kehitaman atau hijau atau kuning, terkadang timbul benjolan atau bengkak akibat adanya rembesan darah ke dalam jaringan sekitar luka.
Jangan panik apabila mengalami luka memar, karena kebanyakan luka memar tidak memerlukan perawatan apapun. Untuk penyembuhan luka memar memerlukan waktu sekitar 2 minggu atau tergantung seberapa parah luka memar yang diderita. Akan tetapi ada baiknya melakukan penanganan dini terutama bila ada kekhawatiran akan adanya luka cedera baik pada tulang maupun organ dalam tubuh lainnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar