Jumat, 11 Januari 2013

Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi pertama pada bayi biasanya berlangsung pada usia 5-11 bulan. Beberapa bayi terkadang merasa tidak nyaman dengan proses tumbuh gigi ini, karena itu orangtua bisa melakukan sesuatu untuk mengurangi rasa tidak nyamannya. Apa saja tanda-tanda bayi mau tumbuh gigi?
Gigi bayi yang pertama tumbuh, seperti dilansir dari WebMD, Minggu (26/6/2011), adalah gigi depan bawah. Kemudian gigi depan atas akan tumbuh 1-2 bulan setelah gigi depan bawah. Hingga pada usia 3 tahun normalnya anak-anak memiliki 20 gigi pertama (gigi primer).
Sebagian besar para ahli anak mengatakan tumbuh gigi tidak menyebabkan demam ataupun demam tinggi pada bayi. Kalau pun bayi mengalami demam, maka temperatur yang terjadi masih dalam tingkat rendah dan biasanya terjadi pada saat gigi tersebut muncul. Tapi jika bayi mengalami demam saat tumbuh gigi, kemungkinan hal tersebut hanya kebetulan saja atau ada kondisi lain yang menyebabkan anak demam.
Proses tumbuh gigi ini relatif tidak menimbulkan rasa sakit pada bayi, tapi jika disertai dengan timbulnya gejala rasa nyeri atau pembengkakan pada gusi biasanya akan terjadi 3-5 hari sebelum gigi pertama muncul.
Berikut 10 tanda-tanda umum pertumbuhan gigi pada bayi, seperti dilansir whattoexpect, Selasa (14/8/12) antara lain:
1. Sering mengeluarkan air liur
Sulit dipercaya bahwa air liur yang begitu banyak dapat keluar dari mulut bayi yang kecil, tetapi tumbuhnya gigi dapat merangsang air liur dan saluran air pada mulut bayi. Hal ini biasanya akan terjadi pada saat bayi berusia mulai dari sepuluh minggu hingga 3 atau 4 bulan.
2. Ruam di wajah dan dagu
Ketika bayi tumbuh gigi, dirinya juga akan mengembangkan ruam kering pada kulit atau pecah-pecah di sekitar mulut, dagu atau bahkan di leher karena kontak dengan air liur. Sapulah air liur bayi yang menetes dengan menggunakan sapu tangan yang lembut.
JIka ruam sudah terbentuk, oleskan krim atau lotion bayi yang lembut dan aman bagi bayi.
3. Batuk-batuk
Air liur yang terlalu banyak dan memenuhi mulut dapat membuat bayi muntah dan batuk. Batuk disebabkan karena bayi tersedak oleh air liur yang diproduksi melimpah.
4. Jadi doyan menggigit
Tekanan dari gigi yang menyembul melalui bawah gusi menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan membuat bayi selalu ingin menggigit. Tumbuh gigi dapat menyebabkan bayi menggigit barang apapun yang ditemukannya bahkan dapat menggigit puting ibu ketika sedang disusui.
5. Merasa sakit
Peradangan jaringan lunak pada gusi dapat menyebabkan rasa sakit. Gigi yang pertama kali tumbuh biasanya akan lebih menyakitkan dari gigi yang lain, meskipun sebagian besar bayi akhirnya terbiasa dengan tumbuhnya gigi dan perasaan tidak nyaman di kemudian hari.
6. Jadi gampang marah
Mulut bayi yang terasa sakit dapat membuatnya merasa kurang sehat. Beberapa bayi mungkin lekas marah atau rewel hanya dalam beberapa jam saja, tetapi bayi yang lain mungkin akan tetap rewel selama berhari-hari atau bahkan minggu.
7. Menolak ketika diberi makan
Bayi yang rewel biasanya mudah ditenangkan dengan botol susu atau puting payudara ibu. Tetapi menghisap susu dari payudara ibu ataupun botol susu dapat membuat gusi bayi terasa sakit. Oleh karena itu bayi mungkin akan menolak minum susu atau ketika diberi makanan padat.
8. Demam ringan
Dokter enggan menghubungkan tumbuh gigi dengan demam, karena ketika bayi tumbuh gigi, dirinya akan kehilangan kekebalan dan lebih rentan terhadap infeksi.
Tetapi seperti peradangan pada anggota tubuh lain, gusi yang meradang kadang-kadang dapat menghasilkan demam ringan.
Demam ini biasanya akan reda dengan sendirinya, jika demam berlangsung hingga 3 hari, segera hubungi dokter.
9. Kesulitan tidur di malam hari
Bayi akan merasa tidak nyaman dan tidurnya akan terganggu di malam hari oleh rasa nyeri ketika tumbuh gigi. Ketika bayi kesulitan untuk terlelap di malam hari, jangan mengatasinya dengan menyusui karena akan membuat gusi bayi semakin sakit dan mengganggu tidurnya.
10. Pendarahan di bawah gusi
Tumbuh gigi dapat memicu perdarahan di bawah gusi, yang terlihat seperti benjolan kebiruan. Anda tidak perlu khawatir dengan hal ini karena gusi akan membaik beberapa saat setelah dikompres dengan air dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar