Kamis, 10 Januari 2013

Tips Jantung Sehat

Tips Jantung Sehat


Fenomena meningkatnya kematian akibat serangan jantung selama liburan, natal, dan tahun baru sudah lama diketahui. Fenomena ini di Amerika Serikat dikenal dengan Holiday Heart Syndrome.

Untuk itu, tips dibawah ini mudah-mudahan dapat mengurangi risiko itu pada saat Anda merayakan liburan, Natal dan tahun baru ini:
1. Alkohol.
Walaupun alkohol dalam jumlah sedikit menurut beberapa ahli baik untuk kesehatan, tetapi minum sedikit itu sulit karena alkohol itu adiktif. Bila Anda meminumnya dalam jumlah banyak dapat menyebabkab denyut jantung tidak mormal, sangat cepat dan dapat memacu serangan jantung, bahkan kematian.
2. Makan.
Makan  terlalu banyak, berlebihan dapat memacu serangan jantung. Pilihlah makanan yang banyak mengandung sayuran, buah-buahan, banyak serat. Hindari makanan yang terlalu manis dan banyak menganndung karbohidrat olahan, dan asin.
3. Kelelahan.
Kelelahan, kurang tidur tidak baik untuk jantung Anda, terutama bagi Anda yang sudah mengidap penyakit jantung, hipertensi.
4. Obat-Obatan.
Jangan lupa makan obat. Bila Anda selama ini mengkonsumsi oba-obatan, kebetulan Anda mengidap sakit jantung, hipertensi, diabetes misalnya, obat-obat itu tetap Anda makan sesuai aturan yang sudah diberikan dokter Anda.
5. Stress.
Pandai-pandailah menghadapi stressor, semua yang terjadi di luar  tergantung reaksi Anda. Ingat, marah, perasaan tertekan yang berat adalah musuh berat jantung. Banyak serangan jantung yang mematikan itu dimulai dari reaksi Anda menghadapi stress. Marah sering mendahului serangan jantung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar