Sabtu, 26 Januari 2013

Definisi Dan Tingkat Kematian Maternal

Definisi Dan Tingkat Kematian Maternal


Definisi Kematian Maternal 
Pengertian Kematian Maternal adalah Kematian wanita sewaktu hamil, malahirkan, atau dalam 42 hari sesudah berahirnya kehamilaln, tidak tergantung dari lama dan lokasi kehamilan, disebabkan oleh apa pun yang berhubungan dengan kehamilan atau penanganannya, tetapi tidak secara kebetulan atau oleh penyebab tambahan lainnya.

Berdasarkan definisi ini kematian maternal dapat digolongkan pada (1) Kematian obstetrik langsung (direct obstetric death), (2) Kematian obstetrik tidak langsung (indirect obstetric death), dan (3) Kematian yang terjadi bersamaan tetapi tidak berhubungan dengan kehamilan dan persalinan, misalnya kecelakaan.

Kematian obstetrik langsung disebabkan oleh komplikasi kehamilan, persalinan, nifas atau penanganannya. Di negara-negara sedang berkembang sebagian besar penyebab ini adalah perdarahan, infeksi, gestosis, dan abortus. Kematian tidak langsung disebabkan oleh penyakit atau komplikasi lain yang sudah ada sebelum kehamilan atau persalinan, misalnya hipertensi, penyakit jantung, diabetes, hepatitis, anemia, malaria, dan lain-lain.

Tingkat Kematian Maternal
Berdasarkan kesepakatan internasional, tingkat kematian maternal (Maternal Mortality Rate) didefinisikan sebagai jumlah kematian maternal selama 1tahun dalam 100.000 kelahiran hidup. Sesungguhnya hal ini lebih tepat disebut Maternal Mortality Ratio, sebab denominator untuk Maternal Rate seharusnya adalah popilation at risk untuk kehamilan dan persalinan, yaitu jumlah wanita usia reproduksi (15-44 tahun).

Data tentang kematian maternal di negara kita masih sangat langka, yang ada umumnya laporan-laporan dari rumah sakit, khususnya rumah sakit yang digunakan untuk pendidikan. Dewasa ini setiap rumah sakit diwajibkan membuat laporan medik yang meliputi jumlah penderita, diagnosis, sebab-sebab kematian, dan anggotanya, terutama dari negara-negara sedang berkembang, belumlah mencerminkan keadaan parah yang sesungguhnya.

Di negara-negara miskin dan sedang berkembang, kematian maternal merupakan masalah besar, namun sejumlah kematian yang cukup besar tidak dilaporkan dan tidak dilaporkan dan tidak tercatat dalam statistik resmi.

Di negara-negara maju angka kematian maternal berkisar antara 5-10 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan di negara-negara sedang berkembang berkisar antara 750-1000 per 100.000 kelahiran hidup. Tingkat kematian maternal di Indonesia di perkirakan sekitar 450 per 100.000 kelahiran hidup.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar