Selasa, 27 November 2012

Berbagai Manfaat Vitamin C

Berbagai Manfaat Vitamin C

Manfaat vitamin C bagi kesehatan dan kecantikan pastilah sudah tidak asing bagi anda. Karena vitamin C adalah salah satu vitamin yang paling terkenal dan di televisi seringkali ada iklan suplemen Vitamin C yang manfaatnya bisa meningkatkan daya tahan tubuh.
Tahukah anda bahwa ternyata vitamin C masih memiliki khasiat lainnya bagi tubuh. Vitamin yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ini bisa anda dapatkan melalui makanan atau suplemen.
manfaat vitamin c
Gambar jeruk sumber vitamin C

Berikut beberapa manfaat vitamin C bagi kesehatan :
1. Mencegah kanker
Vitamin C adalah sebuah antioksidan, dan secara efektif menangkal substansi berbahaya yang disebut radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel yang bahkan dapat mengakibatkan perkembangan kanker. Karena sifat antioksidan, banyak ilmuwan percaya bahwa vitamin C dapat membantu dalam pencegahan kanker. Menurut American Cancer Society, penelitian telah menunjukkan bahwa asupan makanan kaya vitamin C dapat mengurangi resiko terkena kanker esophageal, pankreas, usus besar, lambung, laring, payudara, leher rahim, dan paru-paru.
2. Penglihatan
Vitamin C berkontribusi terhadap pencegahan gangguan mata seperti degenerasi makula dan katarak. Ini membantu tubuh memproduksi kolagen yang ditemukan dalam kornea, dan meningkatkan kesehatan retina. Vitamin C sangat bermanfaat bagi kesehatan mata ketika dikombinasikan dengan asupan tinggi akan kandungan bioflavonoid, yang bertanggung jawab untuk pigmentasi dalam buah-buahan dan sayuran. Untungnya, sebagian besar buah yang kaya akan vitamin C juga tinggi bioflavonoid.
3. Manfaat vitamin C bagi kesehatan yang lainnya
Menurut University of Maryland Medical Center, vitamin C juga melindungi tubuh dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, osteoarthritis, pre-eklampsia pada ibu hamil, asma dan gangguan gigi. Hal ini lebih dipromosikan untuk efektivitas dalam mencegah dan mengurangi durasi flu biasa. Studi menunjukkan bahwa vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mempercepat waktu penyembuhan luka dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.
Untuk manfaat vitamin C bagi kecantikan terutama karena bermanfaat untuk kulit. Vitamin C adalah kunci dalam memproduksi kolagen. Yang mana kolagen adalah zat yang membuat kulit tampak lembut dan kenyal. Vitamin C juga membantu kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri. Manfaat selanjutnya adalah sebagai antioksidan, vitamin C akan memperlambat laju kerusakan radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang merusak kulit anda karena menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan. Penelitian baru juga menunjukkan bahwa asam askorbat 2-fosfat, turunan dari vitamin C, tidak hanya hanya menetralisir radikal bebas, tetapi mampu membalikkan kerusakan. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa Vitamin C dapat mengurangi resiko kulit terbakar yang disebabkan oleh paparan terhadap radiasi ultraviolet B (UV-B) dan mencegah konsekuensi jangka panjang paparan sinar matahari, yang dapat menyebabkan kanker kulit
Jika anda ingin mendapatkan Vitamin C melalui makanan, maka berikut ini adalah beberapa diantara makanan yang menjadi sumber vitamin C : jeruk, pepaya, paprika merah, brokoli, kubis, stroberi, kiwi, kembang kol, mini kol, ubi jalar, blewah, dll.
Kekurangan vitamin C akibatnya kurang baik, akan tetapi jika terlalu berlebihan juga berbahaya. Karena jika overdosis bisa menjadi toksik (racun). Menurut U.S RDA (recommended daily allowance) kebutuhan vitamin C harian kita adalah 60 mg/hari. Akan tetapi dosis harian vitamin bisa meningkat kebutuhannya pada beberapa kondisi misalnya pada penderita kurang gizi, perokok, infeksi, paska operasi, adanya luka, kehamilan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar