Kamis, 22 November 2012

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil
Makanan Sehat Untuk Ibu HamilIbu yang sedang hamil memang membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi agar bayi yang ada di perut ibu tersebut mendapatkan gizi yang cukup untuk perkembangannya. Memang itu terlihat sangat berat, karena ibu harus memikirkan dua makanan sekaligus, yaitu untuk tubuh sendiri dan untuk bayi kita. Untuk itu anda harus berhati – hati dalam memilih makanan yang akan anda konsumsi tersebut, dan mempertimbangkan kadar gizi yang ada pada makanan tersebut. Berikut adalah daftar menu makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa anda konsumsi.

10 Makanan Sehat Ibu Hamil

  1. Telur. Telur merupakan sumber protein yang sangat berkualitas yang baik untuk perkembangan bayi di dalam perut anda.
  2. Ikan Salmon. Ikan ini merupakan salah satu ikan yang juga memiliki protein cukup tinggi selain telur. Selain itu, ikan salmon juga mengandung omega-3 lemak.
  3. Kacang. Kacang memiliki kandungan serat dan protein terbaik terutama kacang buncis.
  4. Ubi Jalar. Karena mengandung vitamin C, folat dan serat yang juga baik untuk tubuh kita dan perkembangan bayi di dalam perut.
  5. Sayuran dengan Daun Berwarna Hijau Tua. Manfaat dari sayuran memang sudah tidak diragukan lagi, apalagi bagi ibu hamil tentu sangat bermanfaat sekali. Contoh yang memiliki daun berwarna hijau tua adalah sayur bayam, kangkung dsb.
  6. Buah – buahan. Sudah tidak diragukan juga buah – buahan sangat baik untuk ibu yang sedang hamil karena berbagai kandungan yang ada di dalam buah tersebut.
  7. Daging Tanpa Lemak. Daging merupakan salah satu sumber protein, namun carilah daging yang tidak mengandung lemak karena yang mengandung lemak tidak baik untuk si bayi yang ada di dalam perut. Carilah daging yang lemaknya sudah dipisahkan.
  8. Yoghurt. Ini merupakan salah satu makanan yang rendah lemak dan kaya akan vitamin D (kalsium) yang baik untuk tulang kita dan memperkuat tulang pada bayi.
  9. Kacang Merah dan Brokoli. Merupakan salah satu makanan yang kaya akan serat dan zat besi yang sangat penting bagi perkembangan sel – sel darah merah pada bayi di dalam perut.
  10. Susu skim. Susu ini berbeda dari susu biasa karena susu ini sangat kaya akan protein. Selain itu juga mengandung banyak kalsium dan vitamin B12.

Menu Sehat ibu hamil

Itulah menu makanan sehat untuk ibu hamil yang sangat baik bagi tubuh sendiri dan perkembangan bayi yang ada di dalam perut. Perlu diketahui bahwa untuk mengkonsumsi beberapa makanan yang sudah disebutkan di atas, tetap harus memperhatikan porsi makan dan tidak berlebihan, karena jika berlebihan juga tidak baik untuk perkembangan si bayi. Semoga bermanfaat bagi anda ibu yang sedang hamil agar tidak makan secara sembarangan untuk menjaga kesehatan dan perkembangan bayi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar