Sabtu, 24 November 2012

HIDUP SEHAT



Bahaya Menimbun Karbohidrat bagi Tubuh
MENJALANI pola makan tinggi karbohidrat mampu meningkatkan risiko penurunan ingatan pada lansia. Demikian seperti yang disebutkan dalam hasil sebuah penelitian di Mayo Clinic, Amerika.

Penelitian yang dikutip dari Healthmeup tersebut menyebutkan bahwa ingatan yang semakin menurun ditambah dengan pola hidup tinggi karbohidrat, pada akhirnya diketahui akan meningkatkan risiko yang mengacu pada demensia dan Alzheimer, bahkan empat kali lebih besar.

Penelitian ini dilakukan Mayo Clinic pada 1.230 orang berusia antara 70 - 89 tahun dengan menelusuri makanan yang mereka konsumsi setahun sebelumnya. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa diet kaya karbohidrat dan gula meningkatkan risiko terkena MCI (Mild Cognitive Impairment) atau penyakit otak yang mudah menyerang manula dengan diet tinggi karbohidrat, sementara manula yang mengonsumsi protein dan lemak, memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit penurunan memori.

Peneliti menemukan bahwa risiko tersebut sama besarnya dengan diet tinggi gula. Disebutkan, mengonsumsi banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi menyebabkan bertambahnya plak amiloid beta pada otak. Seperti diketahui, amiloid beta merupakan jenis protein yang terdapat pada otak para pasien Alzheimer.

Disebutkan peneliti, Penyakit otak yang mudah menyerang manula dengan diet tinggi karbohidrat, diketahui membuat penderitanya kehilangan ingatan mengenai dirinya dan orang sekitar.

Peneliti menyarankan untuk menghindari masalah kesehatan otak saat lansia, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung banyak protein seperti pada ikan dan juga sayuran. Protein dan lemak baik, tampaknya justru memberikan perlindungan pada otak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar