Senin, 26 November 2012

Manfaat Air Putih bagi Kesehatan

Manfaat Air Putih bagi Kesehatan


Jika kita mengatakan air putih maka konotasi kita akan mengarah pada air yang masih belum dicampur dengan bahan tambahan seperti teh, susu, kopi dan lain-lain. Nah, jika di sini disebutkan air putih maka demikianlah yang dimaksudkan.
Meminum teh atau susu, tidak sama dengan air putih. Anda tida bisa menggantikan air putih dengan meminum susu, teh, kopi, dan lain-lain.
Untuk menjaga kesehatan kita dianjurkan meminum air putih minimal 2 liter perhari atau setara dengan 10 gelas. Sedangkan untuk perokok, harus mengkonnsumsi lebih dari itu.
80 % tubuh kita terdiri dari air,  bagian tubuh kita yang mengandung kadar air terbanyak adalah darah yang terdiri dari 95% air berikutnya adalah otak yang mengandung 90% air. Kita setiap hari mengeluarkan air melalui keringat, air seni, pernapasan dan sekresi.  Jika kita kurang meminum air putih maka organ yang paling berat bekerja adalah ginjal.

Kekurangan Minum Air Putih Mempengaruhi Sirkulasi Darah


Salah satu manfaat air bagi tubuh adalah membantu usus besar bekerja lebih efektif dalam membentuk darah baru, istilah medisnya adalah aematopaises. Mucousal fold pada usus besar dan usus kecil diaktifkan dan darah segar baru diproduksi olehnya. Air dapat membersihkan usus, ini menyebabkan gizi makanan mudah diserap untuk kemudian diubah menjadi darah baru dengan cara mucousal fold.
Manfaat yang lain yang tidak kalah pentingnya adalah mencegah sembelit.
Tetapi jika anda kekurangan air maka tubuh kita memaksa darah untuk memberikan air untuk kebutuhan tubuh. Ini menyebabkan darah menjadi kental dan sirkulasi darah terganggu. Akibatnya akan banyak terjadi gangguan dalam fungsi darah. Seperti menghambat pemberian makanan dan oksigen keseluruh tubuh, terutama dapat membahayakan otak.
Otak adalah suatu organ yang sangat boros dalam mengkonsumsi oksigen dan makanan.  Sel-sel otak tidak akan berfungsi dengan baik atau bahkan sel-sel tersebut cepat mati jika kekurangan makanan dan oksigen.
Secara keseluruhan, akibat terganggunya sirkulasi darah, maka dapat menyebabkan tubuh kita kekurangan gizi. Minum air putih yang cukup akan memperlancar sirkulasi darah. Dan penyakit-penyakit seperti penyakit ginjal, kanker kandung kemih dan beberapa penyakit berbahaya lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar