Sabtu, 24 November 2012

Makanan penyebab purbetas dini


  
Hati hati Junk Food Bikin Pubertas DiniANDA sering memberikan makanan cepat saji pada anak? Meskipun terbilang mudah dan juga praktis, junk food selain memengaruhi kesehatannya juga mempercepat pubertas mereka.

Dari penelitian yang dilakukan di Amerika, disebutkan bahwa masa pubertas akan lebih cepat diperoleh saat anak-anak diberikan junk food lebih sering, bahkan saat mereka baru berusia 6 atau 7 tahun.

Dari data penelitian sebelumnya pada 1860, para ilmuwan tersebut mene mukan bahwa usia rata-rata untuk masa pubertas pada anak perempuan adalah di usia 16,6 tahun.

Sementara itu, pada 1920 hasil penelitian mengenai masa pubertas awal yaitu pada usia 14,6 tahun, pada 1950 di usia 13,1 tahun, pada 1980 12,5 tahun, dan terakhir pada 2010 usia rata-rata masa pubertas anak perempuan di umur 10,5.

Marcia Herman Giddens, dari University of North Carolina, AS, di mana penelitian terbaru tersebut dilakukan, menyatakan bahwa obesita mungkin menjadi penyebab pubertas dini pada anak perempuan, karena efeknya yang dapat mengubah hormon tubuh. Pasalnya, sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa junk food menyebabkan obesitas lebih cepat bagi anak-anak, terlebih jika mereka mengonsumsi dalam waktu yang sering. Dan hal tersebut pada akhirnya bukan tidak mungkin akan menyebabkan pubertas dini pada anak perempuan.

Seperti diketahui, pubertas merupakan masa ketika anak perempuan mengalami perubahan fisik, psikis, dan kematangan fungsi seksual. Pubertas pada anak perempuan ditandai dengan menstruasi pertama, pertumbuhan di payudara, dan pertumbuhan rambut halus di daerah tertentu. (Zeenews, Wikipedia/*/OL-06)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar