Sabtu, 24 November 2012

Obat Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi

Obat Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi

Bayi Tumbuh Gigi


Gigi pertama seorang anak yang sehat biasanya tumbuh diusia 6 bulan, dan 20 set lengkap gigi utama atau gigi pertama biasanya terbentuk diusia 3. Sebelum sebuah gigi tumbuh, anak bisa menangis, mudah marah, dan tidur dan makan dengar kurang baik. Anak bisa berliur, memiliki gusi berwarna merah dan lunak, dan terus-menerus mengunyah makanan dan benda selama gigi muncul. Selama gigi tumbuh, anak tersebut mengalami suhu tubuh yang tinggi dan mereka yang khususnya rewel harus dievaluasi oleh seorang dokter karena gejala-gejala ini tidak spesifik gigi tumbuh.

Pada bayi yang tumbuh gigi akan mendapatkan rasa nyaman dengan mengunyah benda yang liat dan sedikit keras. Karena itu pada periode ini, bayi sangat senang menggigit. Tapi juga akan sering rewel. Hal ini disebabkan demam dan rasa nyeri pada gusi akibat desakan gigi yang akan tumbuh. Tenang saja para ibu... ini wajar dan sama sekali tidak berbahaya. Dan juga gejala ini bukan karena terjadi infeksi. Jadi tenang saja..

Jika bayi Anda tampak tidak nyaman karena tumbuh gigi, coba tips sederhana ini:
  • Gosok gusi bayi Anda. Gunakan jari bersih, basahi kasa atau kain untuk memijat gusi bayi. Tekanan dapat meredakan ketidaknyamanan bayi Anda.
  • Berikan cincin tumbuh gigi untk digigit-gigit bayi. Gunakan yang terbuat dari karet. Variasi yang berisi cairan bisa pecah karena kunyahan bayi Anda.
  • Jika bayi anda suka minum dari dot, isi botol dot dengan air. Kontak berkepanjangan dengan gula, susu formula atau jus dapat menyebabkan kerusakan gigi.
  • Berikan makanan yang dingin, bukan panas ataupun hangat. Tapi juga bukan makanan yang beku atau baru dikeluarkan dari kulkas. Tapi makanan yang dingin di suhsu kamar. Suhu makanan panas atau terlalu dingin dapat menimbulkan rasa nyeri.
  • Mengeluarkan liur berlebihan adalah bagian dari proses tumbuh gigi. Untuk mencegah iritasi kulit, segera bersihkan dagu dan daerah yang sering terkena air liur dengan kain yang lembut.
  • Bila bayi anda panas atau kesakitan, berikan analgetik seperti parasetamol drop (Sanmol, Pamol, Tempra). Bila usia bayi diatas 1 tahun, bisa diberikan ibuprofen sirup (Proris) yang cukup efektif mengatasi rasa nyeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar