Senin, 12 November 2012

Obati Mata Kelilipan

Atasi Mata Kelilipan. Mata merupakan indera yang sangat vital atau penting bagi mahluk hidup. Mata kelilipan adalah salah satu sakit yang kita derita, rasanya perih dan sakit. Mata Kelilipan yaitu masuknya kotoran debu atau binatang kecil ke kelopak mata. Kotoran yang masuk membuat mata kita perih, apa lagi jika yang masuk binatang kecil. Secara reflek jika mata kelilipan kita akan menggosok mata yang dapat menyebabkan kotoran masuk ke bagian yang susah di jangkau saat dibersihkan.

Jika mata kelilipan karena debu atau lensa kontak yang mengambang di permukaan mata mungkin mudah disingkirkan. Namun, apa pun yang tersangkut dan tertanam pada mata tidak boleh disentuh.Padahal cedera mata harus dianggap serius dan harus segera diberi penanganan medis untuk mengurangi risiko infeksi atau parutan jaringan mata, yang dapat menyebabkan gangguan penglihatan permanen.


Jika ada benda asing yang mampir ke mata atau mata kelilipan, seperti inilah cara penanganannya, seperti yang dijabarkan Dr. Miriam Stoppard dalam buku karangannya berjudul Parenting Guide.

1.  Jangan di gosok

Mintalah korban untuk tidak menyentuh atau menggosokkan matanya. Mintalah dia duduk menghadap sumber cahaya. Kemudian tarik kelopak mata atas dan bawah dengan lembut dan amati baik-baik matanya hingga ketahuan benda yang masuk didalam mata kita.

2. Bersihkan dengan air
Jika ada benda asing mengambang di permukaan mata, bilas keluar dengan menuangkan air bersih atau menggunakan cawan pembersih mata berisikan air bersih. Biasanya orang akan menggunakan air di dalam mangkuk atau gayung yang berisi air pembersih, selanjutnya mata dikedipkan berulang-ulang.

3. Alat pembersih
Jika tidak berhasil, cobalah mengangkat benda itu dengan korek kuping basah, atau ujung tisu, atau kain bersih yang dibasahi. Utamakan menggunakan bahan yang halus dan lembut, karena tidak menyakitkan sewaktu bersentuhan dengan bagain dalam mata.Jangan coba lakukan jika benda itu tertanam pada mata.

4. Tarik Kelopak mata
Jika benda asing berada di bawah kelopak mata atas, mintalah korban menarik kelopak mata atas sampai melewati kelopak bawah. Ini seringkali membuat benda asing terlepas. ini memang sangat sulit, karena mata kita mengeluarkan air.

Semoga musibah mata kelilipan yang pembaca alami dapat segera teratasi dan tidak menimbulkan bahaya mata kelilipan yang nantinya membuat mata sakit berkepanjangan dan memakan biaya banyak.
.
sumber : azberita.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar