Senin, 26 November 2012

Makanan pemenuhi Kebutuhan Tubuh

Makanan pemenuhi  Kebutuhan Tubuh



Kebanyakan penyakit berawal dari perut, untuk itulah saya memulai dari nutrisi, setelah mengubah mind-set, sebagai bagian penting dari pola hidup sehat. Apalagi bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit atau penyakit karena faktor keturunan.  Nutrisi harus benar-benar diperhatikan lebih dari mereka yang tidak memiliki riwayat penyakit.
Misalnya orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dari orang tuanya, adalah sangat rentan terhadap penyakit jantung. Dengan pola hidup sehat, akan dapat terhindar dari penyakit ini. Dengan pola hidup sehat banyak proses penyakit bisa dicegah.
Sangat jarang orang mau memperhatikan keseimbangan asupan nutrisi.  Kesadaran akan pentingnya nutrisi  akan muncul pada saat kita mengetahui bahwa  sebagian besar pembunuh utama manusia adalah disebabkan oleh apa yang kita makan . Penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, stroke, kencing manis, kanker dan masih banyak lagi sebagian besar dipicu oleh apa yang kita makan.
Maka makanan sehat adalah makanan yang memenuhi semua kebutuhan tubuh atau bisa disebut sebagai nutrisi seimbang.

Nutrisi Seimbang

Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda, hal ini dibedakan menurut usia dan jenis laki-laki/perempuan.  Yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan dan kesesuaian asupan dengan kebutuhan masing-masing orang. Kita sudah tahu tentang komponen dasar asupan nutrisi, yaitu karbohidrat, lemak dan protein. Ketiganya harus seimbangan dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia agar tetap sehat dan bugar. Selain itu asupan vitamin dan mineral serta berbagai komponen pendukung juga harus seimbang.
Nutrisi tersebut tidak hanya bisa diperoleh dari satu macam makanan atau dari satu sumber. Variasi makanan yang kita konsumsi memiliki peran yang sangat penting. Masing-masing sumber memiliki kelebihannya sendiri. Perpaduan dari makanan tersebut harus mempunyai nutrisi yang seimbang. Oleh karena itu kita tidak bisa hanya memilih satu jenis makanan sebab tidak ada satu jenis makananpun yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang.
Sebagai bahan pengetahuan  dibawah ini akan saya jelaskan secara singkat macam-macam makanan yang menjadi sumber nutrisi  dan fungsinya bagi tubuh:

Karbohidrat

Karbohidrat terdapat di dalam beras, jagung, gandum, kentang, ubi-ubian, buah-buahan, dan madu. Ini adalah makanan yang menjadi sumber energi bagi tubuh. Setiap satu gram karbohidrat dapat menghasilkan energi sekitar 4 kilokalori (1 kalori = 4,2 joule).
Karbohidrat, selama proses pencernaan akan dipecah menjadi molekul gula sederhana seperti glukosa. Jika manusia mengoinsumsi karbohidrat melebihi kebutuhan energi, maka karbohidrat akan disimpan dalam bentuk glikogen dan lemak. Glikogen akan disimpan di hati dan otot. Lemak akan disimpan di sekitar perut dan bawah kulit. Sebaliknya jika kekurangan karbohidrat, akan menyebabkan badan lemah, kurus, semangat belajar dan kerja menurun dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Lemak

Selain berfungsi sebagai cadangan energi, lemak juga berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K. Untuk itu cadangan lemak sangat diperlukan didalam tubuh, tetapi sebaliknya jika cadangan lemak berlebihan akan berdampak pada gangguan kesehatan. Ini akan berpotensi pada kecenderungan menderita penyakit jantung, ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi dan beberapa penyakit lain.
Sumber lemak yang paling aman adalah berasal dari tumbuh-tumbuhan, seperti kelapa, kemiri, kacang-kacangan, dan alpukat.

Protein

Bahan utama pembentuk protein adalah asam amino. Asam amino terdiri dari asam amino esensial yaitu asam amino yang dapat dibentuk oleh tubuh manusia dan asam amino non esensial yaitu asam amino yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh manusia. Oleh karena itu untuk memenuhi kebutuhan tubuh manusia, asam amino non esensial hanya bisa di dapat dari makanan.
Di dalam tubuh, protein berfungsi sebagai pembangun tubuh dan dan pengganti sel-sel yang rusak. Tidak hanya itu protein merupakan komponen penting untuk proses-proses biokimia sel seperti hormon dan enzim.
Sumber protein terdapat pada daging, susu, ikan, telur dan keju yang disebut sebagai protein hewani. Sedangkan sumber protein yang lain adalah berasal dari tumbuhan yang disebut sebagai protein nabati yang biasanya terdapat pada kacang-kacangan.
Vitamin
Untuk proses metabolisme dan pertumbuhan yang normal, tubuh memerlukan vitamin.  Tubuh manusia tidak mampu mencukupi kebutuhan untuk itu. Oleh karena itu, kecuali vitamin D yang bisa diproduksi karena sinar matahari, vitamin hanya bisa diperoleh dari bahan pangan yang dikonsumsi. Makanan sumber vitamin adalah terdapat pada buah-buahan.
Penting! Agar tubuh memiliki kinerja yang bagus ketiga komponen tersebut harus terpenuhi. Ingat! Makanan yang sehat adalah makanan yang memenuhi kebutuhan tubuh.
Saat ini banyak sekali produk-produk yang menawarkan solusi untuk memenuhi semua kebutuhan tubuh manusia. Ada yang menawarkan suplement, multivitamin dan bahkan penganti makanan yang memiliki nutrisi seimbang.
Jika anda tertarik pada suatu produk, hendaknya anda harus teliti dan berhati-hati dalam menggunakannya. Suatu produk yang paling baik adalah produk yang alami atau natural. Oleh karena itu harus diteliti terlebih dahulu komposisinya. Untuk produk-produk seperti itu saya mereferensikan beberapa pada anda. Klik disini jika anda tertarik pada produk-produk alami.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar